Mau Anak Pintar Bunda Ayah? Lakukan Ini!

Mau Anak Pintar Bunda Ayah? Lakukan Ini!

Mempunyai anak pintar dan cerdas merupakan impian setiap orang. Namun, untuk mencapai hal itu orang tua harus berusaha keras. Salah satunya dengan cara membaca buku tentang “cara membuat anak jadi pintar. Di Jaman serba canggih ini tak perlu bingung mencari buku karena sudah tersedia dalam bentuk elektronik. Sehingga, anda bisa mengaksesnya dimana saja kapan saja.

Jika orang tua mau membaca buku pastilah akan mendapatkan banyak pelajaran untuk membuat anak jadi pintar. Di dalam buku, biasanya terdapat tips-tips, cara dan trik-trik yang membuat anak pintar. Bahkan beberapa buku ada yang memberikan penjelasan tentang membentuk anak pintar sejak di kandungan. Nah, berikut ini adalah cara membuat anak pintar yang dikutip dari buku-buku tentang parenting.

Penuhi asupan nutrisi dan gizi
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memenuhi asupan gizi dan nutrisi anak. Baik sejak dalam kandungan sampai masa-masa pertumbuhannya. Sebab, asupan nutrisi ini penting sekali. Dimana, bisa membuat anak berenergi sehingga bisa bersemangat dalam menjalani hari-harinya. Selain itu, asupan makan yang seimbang juga membuat otaknya bisa berpikir secara maksimal, tidak gampang capek ataupun lelah.

Dalam mendukung kemampuan belajar, anda harus memberikan makanan dan minuman yang mengandung vitamin, mineral, protein dan beberapa asupan lain sesuai dengan kebutuhan tubuh ci kecil. Perhatikan asupan makanannya setiap hari, buat dia mau memakannya dengan ide-ide yang kreatif bunda.

Berikan aktivitas fisik yang cukup
Mungkin selama ini, anda menganggap jika aktivitas fisik itu tidak penting karena bisa membuatnya capek, kotor-kotoran dan sebagainya. Namun, dibalik itu semua ternyata menyimpan dampak besar dalam membentuk anak pintar. Selain mampu melatih kemampuan motorik si kecil, aktivitas fisik juga menjadikan otak sehat dan cerdas. Maka, ayah dan bunda harus mendukung si kecil untuk beraktivitas. Biarkan dia bermain dengan teman-temannya di luar rumah.

Latih dia untuk senang membaca buku
Buku adalah jendela dunia dan itu memang benar. Walaupun sekarang jaman era digital,  tetap penting sekali membaca buku. Saat dia masih belum bisa membaca, perkenalkan dengan buku seperti cerita bergambar. Lalu ketika dia sudah bisa membaca, berikanlah buku yang memuat pelajaran tapi menarik untuknya. Dengan begitu, dia akan tertarik membaca. Anak dengan kemampuan literasi atau membaca yang baik akan mampu bersaing secara global. Temani si kecil saat membaca buku.

Ajarkan disiplin
Membentuk anak pintar juga dilakukan dengan mengajarkannya disiplin. Dalam buku “The Power of Habit” menyebutkan bahwa anak dengan disiplin yang baik memiliki peluang besar untuk sukses di masa depan daripada anak dengan IQ tinggi. Sebab, anak yang disiplin lebih bisa mengendalikan emosinya, lebih sabar, lebih bertanggung jawab dan dapat menentukan keputusan atau pilihan yang benar.

Ajarkan pola pikir optimistis
“Optimisme berkaitan erat dengan kebahagiaan” menurut pakar sosiologi Christine Carter PhD yang juga seorang penulis buku. Anak yang dapat melihat setiap peristiwa atau kejadian dengan sisi positif akan jauh dari depresi saat melalui masa pubertas. Tak hanya itu, anak-anak yang otimis pun cenderung memiliki prestasi bagus di sekolah, olahraga maupun pekerjaan.

Ciptakan suasana yang kondusif
Satu lagi yang perlu diperhatikan oleh orang tua bahwa lingkungan atau suasana juga turut andil dalam menjadikan anak pintar. Proses belajar si kecil bergantung pada stimulasi yang diterimanya. Kian banyak stimulasi yang diterimanya, maka perkembangan kepintarannya akan optimal. Stimulasi ini bisa dilakukan dengan menciptakan suasana kondusif, misalnya lingkungan yang menyenangkan dan tidak memaksa. Buatlah si kecil merasa sangat disayangi dan aman. Dengan begitu, dia akan lebih percaya diri saat belajar dan berkembang.

Selain itu, jangan lupa dengan memenuhi kebutuhan tidurnya setiap hari. Itulah cara membuat anak pintar yang bisa anda praktikkan sedini mungkin.